fbpx
7 Cara Konsumsi Madu untuk Menurunkan Berat Badan

7 Cara Konsumsi Madu untuk Menurunkan Berat Badan

Sejak berabad-abad, madu telah digunakan sebagai obat maupun pemanis makanan. Madu dinilai sebagai salah satu pemanis tertua dan alami, jauh sebelum gula populer.
Kandungannya yang kaya nutrisi membuat madu memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bahkan, madu juga dianggap sebagai salah satu bahan terbaik untuk menurunkan berat badan, karena madu dapat membantu mengurangi dan membakar lemak tanpa efek samping.
Madu dan penurunan berat badan Berdasarkan National Honey Board, madu bebas dari lemak, kolesterol, dan sodium, menjadikannya makanan penurun berat badan yang cocok diaplikasikan dalam beberapa cara. Ada banyak perdebatan terkait manisnya madu dan pengaruhnya terhadap penurunan berat badan. Walau digunakan sebagai alternatif gula, tak seperti gula rafinasi, madu mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan.

Alih-alih menambah lemak dan kalori, madu menyeimbangkan jumlah gula dan membantu menurunkan berat badan –saat dikonsumsi dalam jumlah tertentu.
Kandungan mineral dalam madu juga tak hanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tapi juga mencegah kenaikan berat badan. Berikut tujuh cara menggunakan madu untuk menurunkan berat badan:

1. Madu untuk masakan Cara terbaik menurunkan berat badan dengan madu adalah dengan menambahkannya ke makanan kita, sebagai pengganti minyak. Ketika memanggang makanan dengan madu, kita akan merasakan penurunan berat badan yang cepat.

2. Oleskan ke roti Untuk makan malam, pilih menu sandwich madu. Ambil dua iris roti gandum dan oleskan madu di satu sisi. Nikmati makan malam rendah kalori ini. Sangat baik makan malam ringan, demi membantu menurunkan berat badan. Baca juga: Jangan Berikan Madu pada Bayi, Apa Alasannya?

3. Tambahkan ke susu Madu yang ditambahkan ke dalam segelas susu hangat bisa membantu menurunkan berat badan. Pilihlah susu skim yang tidak mengandung kalori, dan madu akan membantu meningkatkan energi, itu sebabnya sebagian besar ahli olahraga menyarankan kita mengonsumsi susu dicampur madu sebelum berolahraga.

4. Madu dan air hangat Cara paling umum yang sudah terbukti menurunkan berat badan adalah mengonsumsi madu dengan air hangat. Dalam satu gelas air hangat, tambahkan satu sendok makan madu dan dua sendok makan jus lemon. Minum ramuan ini dengan perut kosong di pagi hari untuk menurunkan berat badan. Baca juga: Adakah Sisi Negatif Madu untuk Ibu Hamil?

5. Teh lemon madu Menambahkan lemon dan dua hingga tiga sendok makan madu ke dalam teh baik untuk tubuh. Cobalah mengonsumsi ramuan minuman tersebut dua kali sehari untuk membantu membangun energi dalam proses penurunan berat badan.

6. Oatmeal dan madu Menambahkan madu ke dalam mangkuk oatmeal akan jauh lebih sehat ketimbang menambahkan gula sebagai campuran oatmeal.

7. Kayu manis dan madu Pada semangkuk salad, untuk menambah rasa taburkan bubuk rempah kayu manis dan satu sendok makan madu. Cara ini bisa diaplikasikan pada salad buah maupun salad sayur.

(sumber: kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *