fbpx
7 Resep Minuman dengan Madu

7 Resep Minuman dengan Madu

Makin sehat dan segar dengan minuman madu

Madu dikenal sebagai salah satu bahan makanan dan minuman yang punya banyak khasiat untuk tubuh. Mulai dari antibakteri, antivirus, dan pereda radang.

Selain itu madu juga bisa memberikan energi instan untuk tubuh. Nggak heran, deh, kalau banyak atlet dan pendaki gunung yang mengonsumsi madu saat beraktivitas. Kandungan fruktosa dan glukosa dalam madu juga bisa mengurangi kelelahan setelah beraktivitas seharian. Ahli gizi sangat merekomendasikan untuk mengonsumsi madu secara rutin setiap pagi agar selalu bertenaga hingga malam hari.

Resep Inspirasi Minuman Segar dengan Madu
Daripada hanya dimakan langsung, nih, madu juga bisa diolah menjadi berbagai minuman. Mulai dari minuman segar sampai minuman yang menghangatkan tubuh. Yuk, intip cara membuat minuman madu di bawah ini! Jangan lupa disimpan, ya, resepnya!

1. Madu dan lemon squash

Sering minum lemon squash di restoran? Kalau iya, mending buat saja sendiri di rumah. Nggak perlu banyak bahan, kok. Minuman segar ini juga bisa jadi pilihan yang tepat saat teman datang ke rumah. Sajikan bersama es batu agar makin segar, ya.

Bahan

200 cc air soda
3 sdm madu
2 sdm air jeruk lemon peras
Es batu secukupnya
Daun mint secukupnya
Cara membuat:

Masukkan semua bahan ke dalam shaker, kemudian tutup rapat dan kocok semua bahan hingga tercampur rata.
Tuang ke dalam gelas saji, tambahkan es batu sesuai selera.
Hias dengan daun mint dan irisan lemon.

2. Es leci, lemon, dan madu

Es leci, lemon, dan madu bisa jadi pilihan yang tepat untuk melepaskan dahaga setelah seharian beraktivitas. Kandungan madu yang sehat membuat badan kembali bugar, tuh. Belum lagi kombinasi lemon dan leci makin membuat minuman ini semakin nikmat.

Bahan

3 sdm madu
200 ml sari buah leci siap pakai
1 sdm air jeruk lemon
500 ml soda
1/2 – 1 sdt jahe bubuk
Gula cair secukupnya
Es batu secukupnya

Cara membuat:

Campur madu, lemon, leci, air jeruk lemon, dan es batu. Blender hingga halus.
Tuang campuran soda dan jahe bubuk. Jika suka manis tinggal masukkan gula cair sesuai selera.
Hias dengan daun mint dan irisan lemon.

3. Es lemon dan madu

Kalau cuaca panas enaknya minum apa? Tentunya minuman segar yang bikin tenggorokan plong, dong. Salah satu minuman dingin yang bisa kamu buat adalah es lemon madu. Perpaduan lemon segar dan madu manis bercampur menjadi satu. Tambahkan es biar makin nyeesss!

Bahan

8 gelas air putih
2/3 cangkir madu murni
1/2 sdt garam
1 hingga 2 lemon, ambil sarinya

Cara membuat:

Tuangkan air ke dalam panci, tambahkan madu dan garam. Didihkan di atas api sedang hingga larut.
Tambahkan jus lemon dan aduk hingga rata.
Masukkan ke dalam dan dinginkan 2-3 jam.
Sajikan dalam keadaan dingin atau dengan es batu.
Hias dengan daun mint dan irisan lemon.

4. Jus hijau dan madu

Untuk kamu yang sedang mencari minuman sehat, tuh, harus mencoba resep jus hijau dan madu ini! Walaupun menggunakan sayuran sebagai bahan utama, tapi jus yang satu ini tetap terasa enak, lho. Hal ini berkat campuran madu dan jeruk. Minum jus hijau ini setiap pagi tentunya bikin badan tambah sehat!

Bahan

100 g brokoli segar, potong kecil-kecil
2 batang seledri besar, potong kecil-kecil
2 buah kiwi hijau, potong kecil-kecil
7 sdm madu alami
500 ml air jeruk sunkist
Es baru, secukupnya

Cara membuat:

Masukkan brokoli, seledri, kiwi, dan air jeruk ke dalam blender. Haluskan secara merata.
Tambahkan madu, blender kembali hingga rata.
Tuang ke dalam gelas saji, dan tambahkan es batu bila perlu.

5. Es teh jelly madu

Kalau udara sedang panas, tuh, memang paling enak minum sesuatu yang segar. Biar nggak minum yang itu-itu saja, yuk, bikin es teh jelly madu. Minuman segar ini juga bagus untuk kesehatan karena menggunakan madu alami. Ngobrol sambil minum es teh jelly madu, jadi makin asyik, deh!

Bahan yang dibutuhkan:

700 ml air
1 bungkus jelly bubuk plain
150 g gula pasir
800 ml air panas
2 buah teh celup
1 sdm biji selasih, rendam hingga mengembang
300 ml sirup vanila
100 ml madu
1 sdm daun mint, cincang halus
Es batu secukupnya
Daun mint secukupnya

Cara membuat:

Masukkan air dan jelly bubuk pada panci, masak hingga mendidih.
Tambahkan madu, aduk rata dan angkat.
Tuang dalam cetakan dan diamkan hingga beku, lalu potong-potong. Sisihkan.
Seduh teh hingga pekat, sisihkan.
Siapkan gelas saji. Tata jelly di bagian bawah, kemudian tuangkan teh hingga 1/2 tinggi gelas.
Tambahkan sirup vanilla, daun mint, dan biji selasih.
Tambahkan es batu secukupnya.
Sajikan dingin dengan hiasan daun mint.

6. Es teh susu madu

Ingin minum sesuatu yang dingin dan creamy? Kalau begitu, kamu bisa mencoba membuat es teh susu madu. Minuman menyegarkan ini hanya butuh 4 bahan saja, lho. Penasaran cara membuatnya? Cek resepnya, yuk!

Bahan

1 kantong teh
4 sdm susu kental manis
3 sdm madu murni
Air panas secukupnya
Es batu secukupnya

Cara membuat:

Seduh teh di dalam air panas hingga pekat. Sisihkan hingga dingin.
Campurkan teh, susu kental manis, dan madu ke gelas besar. Aduk hingga tercampur rata.
Tuang ke dalam gelas saji. Tambahkan es batu secukupnya. Nikmati selagi dingin.

7. Jus kurma madu

Jus kurma dan madu bisa jadi kombinasi yang sangat pas untuk minuman kesehatan, nih! Nggak hanya sehat, rasa madu dan kurma yang manis tentunya juga enak. Minuman ini pas banget untuk mengembalikan energi yang telah terkuras habis seharian.

Bahan

19 butir kurma, buang biji kurma
3 sdm madu
1 sdm susu kental manis
300 ml air es
Es batu secukupnya, bila perlu

Cara membuat:

Blender kurma, madu, air es, dan susu kental manis hingga rata dan halus.
Tuang ke dalam gelas saji.
Tambahkan es batu jika ingin lebih dingin.

(sumber: rukita.co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *